Tunggu, sedang memuat. . .

Tanda Awal dan Ciri Ciri Hamil Muda

Ciri Ciri Hamil – Ada banyak ciri-ciri awal hamil muda yang bisa dideteksi pada minggu-minggu awal terjadi kehamilan. Tanda kehamilan yang muncul bisa dilihat baik secara fisik maupun non fisik (psikis dan tingkah laku). Atau bisa juga dilihat berdasarkan pemeriksaan medis dan non medis. Pemeriksaan medis dapat dilakukan dengan memeriksa adanya perubahan hormon, yakni dengan memakai test uji kehamilan (test pack). Uji test pack ini memang sudah sering dilakukan untuk memeriksa kehamilan awal. Dan tingkat keakuratannya pun cukup tinggi hampir 99%.

Pemeriksaan medis juga bisa dilakukan dengan USG pada minggu ke-4 dan ke-5. Bila test pack digunakan untuk mengecek apakah terjadi pembuahan atau tidak, USG digunakan untuk mengetahui apakah pembuahan yang terjadi tersebut betul-betul berkembang menjadi embrio atau tidak.

Selanjutnya pada pemeriksaan non medis, kehamilan awal dapat dikenali tanpa menggunakan alat test pack dan USG. Secara non medis dapat dilihati langsung melalui berbagai perubahan yang terjadi baik secara fisik ataupun psikis. Mengenali ciri-ciri awal hamil muda dengan cara non medis ini memang tingkat keakuratannya kurang begitu tinggi, karena bergantung pada gejala-gejala kehamilan apa saja yang dialami oleh sang ibu. Semakin banyak gejala maka akan semakin akurat hasilnya.

Ciri Ciri Hamil Muda Secara Fisik

Masa kehamilan memang merupakan masa yang sangat dinantikan oleh para pasangan suami istri dimanapun. Terutama bagi pasangan yang baru menikah. Mereka seringkali penasaran setelah berhubungan, apakah berhasil hamil atau tidak? Meskipun berhubungan dilakukan pada puncak masa kesuburan, tapi kehamilan tidak selalu berhasil terjadi.

Lalu, apa saja ciri-ciri awal hamil muda tersebut?

Loading...

Wanita yang sedang hamil akan menunjukkan perubahan fisik dari awal masa kehamilannya. Perubahan ini terjadi secara perlahan mengikuti usia kehamilan. Secara fisik, perubahan awalnya memang masih samar. Yang paling terasa adalah terjadinya kram perut. Namun jangan khawatir, karena kram ini hanyalah kram biasa dan tidak terlalu sakit. Kram ini muncul karena adanya implantasi dan perubahan hormonal.

Muncul rasa mual (morning sickness) yang biasanya berlangsung hingga akhir trismester pertama. Beberapa ibu hamil mungkin bisa merasakan mual terus menerus semasa hamil, tapi ada juga yang sama sekali tidak mengalami rasa mual.

Ciri-ciri berikutnya yaitu perubahan pada payudara. Payudara pelan-pelan akan mengalami perubahan dan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Selain ukurannya menjadi semakin membesar, hormonnya juga ikut berubah untuk mempersiapkan proses menyusui. Perubahan fisik tidak hanya terjadi pada payudara saja, tapi secara keseluruhan tubuh juga akan semakin melar.

Tidak mengalami haid atau menstruasi. Tapi bukan berarti wanita yang tidak atau telat haid itu hamil ya. Bisa saja siklus haidnya memang sedang mengalami perubahan. Meski tidak haid, tapi terkadang bisa timbul flek juga pada wanita hamil. Flek ini terjadi akibat adanya implantasi atau penempelan sel telur yang telah dibuahi ke ovarium (dinding rahim). Flek biasanya terjadi sebentar, kira-kira 6-12 hari setelah berhubungan. Kemudian organ intim berubah warna menjadi lebih merah dari biasanya. Dan akan keluar bercak putih seperti keputihan akibat adanya penebalan organ intim.

Ciri Ciri Hamil muda lainnya juga bisa ditandai dengan rasa sering mengantuk dan mudah lelah. Meski dalam keadaan prima, tapi rasa kantuk biasanya akan selalu ada. Kedua hal ini sangatlah wajar, dan memang pada awal masa kehamilan sang ibu harus banyak istirahat karena kandungannya masih rawan.

Selain itu, indera penciuman ibu hamil juga akan lebih tajam dan sensitif. Sedikit saja mencium aroma tidak sedap, maka akan merasa terganggu dan tidak nyaman. Bukan hanya hidung yang sensitif, kulit ibu hamil juga akan lebih sensitif. Dan jangan aneh kalau bumil akan sering bolak balik buang air kecil pada usia kehamilan mulai dari minggu ke-6.

Recent search terms:

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */