Tapi, sekiranya TGB memiliki target untuk jadi pemimpin di tingkat nasional, maka memilih Dr. Zul atau Kiyai Zul sebagai pasangan Siti Rohmi adalah pilihan strategis ke depan. TGB bisa menunjukkan dirinya sebagai seorang demokrat tulen, yang bisa mengesampingkan faktor primordial, memilih orang dari suku dan kelompok lain sebagai pasangan Siti Rohmi. Ini penting untuk modal jika nanti TGB harus bersaing dengan Agus Yudoyono yang putra SBY di intern partai Demokrat. TGB bisa menunjukkan sikap demokrat sejatinya berhadapan dengan SBY yang mungkin akan mengajukan putranya sendiri. Dan bila memilih Dr. Zul mungkin akan memudahkan TGB untuk loncat ke perahu PKS. Pilihan ini taruhannya besar, NTB mungkin lepas dari tangan NW (Pancor), karena faktor sentimen Lombok non Lombok masih cukup kuat di masyarakat yang membuat Dr. Zul dan Kiayai Zul cukup sulit dijual di masyarakat Lombok yang merupakan jumlah banyak pemilih.

Untuk Lalu Rudy, dengan semakin terbatasnya pilihan mungkin ada baiknya juga menurunkan target dengan sasaran menjadi NTB 2. Kalau berpasangan dengan Ali BD, akan menjadi pasangan yang akan bikin gentar dan tidak bisa tidur nyenyak pasangan lainnya.

Analisa dan prediksi asal-asalan ini tidak menyertakan perhitungan soal pengaruh uang dan mahar. Kadang faktor uang bisa membuyarkan prediksi macam apapun. Ada pepatah, “UANG MEMBELI KEKUASAAN. KEKUASAAN MELIPATGANDAKANNYA”.

Mohon maaf kalau ada yang tidak berkenan.

Sumber : Fb dialog lotim diposting oleh Musfar yasin

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */